Link Belajar Photoshop Gratis


Akhir-akhir ini, sudah sejak beberapa bulan yang lalu, saya keranjingan utak-atik & mengedit foto dengan sotosop (Adobe Photoshop) supaya bisa menghasilkan efek gambar yang keren. Karena basic saya bukan dari dunia multimedia maupun desain, dengan segala cara (dari yang halal sampai cari –cari crack, hehe… ^_^;) rela saya lakuin demi menuntaskan keinginan tersebut.

Untuk cara belajarnya sendiri, saya belajar otodidak, dari sekedar tanya ke temen-temen yang udah pada ahli, ikutan forum, sampek koleksi tutorialnya (baik berbentuk teks maupun video). Belajarnya sih gampang-gampang susah, tergantung minat & tingkat kefahaman / skill kita, jadinya nanti akan lebih banyak penasaran sendiri, sebelum akhirnya terkagum-kagum sama hasilnya (alias narsis…). Yang penting dapat mengasah imajenasi dan kreatifitas, menyeimbangkan otak kanan dan kiri (yee.. sok tau… -_^;)

Nah, bagi anda yang ingin belajar mengolah foto, dapat belajar secara otodidak dari tutorial berikut. Baik bagi yang pemula, amatir maupun agak ahli. Dan bagi yang sudah ahli / masternya nih, semoga dapat memberi inspirasi & dapat membagi ilmu serta sarannya kepada kita-kita yang masih culun-culun ini, hehe….

Oke, berikut ini link-nya, mulai dari lokal hingga yang luar negeri (yang tentunya berbahasa Inggris, huhuu…) : (Silahkan dicoba…)

1. http://www.ilmuphotoshop.com (lokal)
2. http://www.ilmugrafis.com (lokal)
3. http://www.klik-kanan.com (lokal)
4. http://www.photoshop.otodidak.info (lokal)
5. http://www.mbahdewo.com (lokal)
6. http://www.photoshopfiles.com (luar)
7. http://www.slicktutorials.com (luar)
8. http://www.photoshopcafe.com (luar)
9. http://www.indsign-studio.com (luar)
10. http://www.webtoolkit4.me (luar)

Hmm,, dikit yah situsnya ternyata,, hehe.. jangan dilihat namanya aja, tapi kunjungi dulu, lihat dalamnya, mengandung konten tutorial seabrek, ilmunya banyak banget, cukup bikin orang muntah & pusing 10 keliling kalau dipelajari dalam 1 hari, hehe… atau Anda punya situs favorit lainnya? Bisa berbagi kok di comment, silahkan ditambahkan, dengan senang hati saya terima…

Menurut pengalaman saya, beberapa situs tutorial di atas, ada yang menuliskannya dengan cara yang agak rumit & susah dimengerti orang awam / pemula (atau saya yang terlalu o’on yah?? @_@;), khususnya yang berbahasa Inggris. Karena ternyata memang untuk tingkatan seorang ahli, disamping itu juga dibutuhkan plug-in tambahan yang penggunaanya juga cukup rumit (belom lagi cari tempat buat download-nya & crack-nya kalo ternyata bukan freeware… ) .

Tapi kesulitan-kesulitan tersebut, anggaplah sebagai batu loncatan dalam pembelajaran, jadi jangan mrasa ilfill & beranggapan kalo menggunakan photoshop itu susah. Kan nggak semuanya gitu & ada tingkatan-tingkatannya, jadi pilihlah yang paling mudah dulu. Jangan menyerah sebelum berperang! Tetap belajar, tetap berkreasi & berimajenasi, dan tetap semangaaattttt…. !!!!

Posting berikutnya Insya Allah saya kasih link-link untuk download berbagai brush & plug-in menarik yang dibutuhkan, sehingga dapat mendukung kreatifitas editing foto anda, wassalam…

10 Tanggapan to “Link Belajar Photoshop Gratis”

  1. Link Download Brush Photoshop Gratis « akziR's Blog Says:

    […] Teratas Link Belajar Photoshop GratisLink Download Brush Photoshop […]

    Suka

  2. Kumpulan Link Download Plugin Photoshop Gratis & Berkualitas « akziR's Blog Says:

    […] Teratas Link Belajar Photoshop GratisBelajar Berorganisasi Di […]

    Suka

  3. Fachrur Rozi Says:

    Thanx’s Info nya Gan.
    salam kenal,
    jangan Lupa mampir yha 😀

    Suka

  4. marsamsusetya Says:

    setelah baca artikel ini tambah puyeng…
    mana yg di baca pertama buat pre pemula spt saya..

    Suka

    • akzir Says:

      paman,, coba dilihat situsnya satu2,, disitu setiap situs sepertinya ada level untuk tingkat pengguna, jadi bisa disesuaikan dengan kemampuan,,. kalau pemula, ya jangan pilih yang tingkat expert.
      untuk awam disarankan situs lokal,, nanti kalo bosen dan sudah merasa “sedikit” ahli,, bisa mulai oprek2 situs yang luar.
      sekian,,, masih ada pertaya’an?? hehe….

      Suka

  5. Ophie cantik Says:

    Allow..yuhu… Ada apa ini..apa ada?

    Suka


Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.