Kenapa Dilarang Berputus Asa


DesperateSering kita mendengar motivator yang memberikan kata-kata motivasi agar kita selalu senantiasa semangat dan berjuang dalam menghadapi hidup, apapun ujiannya, betapapun sulitnya dan jangan pernah menyerah / berputus asa, sebab Tuhan tidak diam, dan bla bla bla… (ini bisa lebih panjang dari tulisan saya kalau diteruskan).

Dalam Al-Qur’an, Tuhan juga menyebutkan, agar tidak berputus asa dari rahmatNya, apapun masalahnya dan betapapun beratnya itu, itu termasuk salah satu dari dosa besar (wew, dosa besar loh ini!!!). Dan banyak juga hadits serta kisah para arif mengenai hal ini. Pun demikian dengan saya, berfikir, mengapa sampai ada orang yang bisa berputus asa, padahal ada jutaan nikmat lainnya yang bisa dia nikmati tanpa satu hal yang dianggapnya akan mengakhiri hidupnya bila kehilangan hal tersebut.

Ya setidaknya begitulah pemikiran “normal” pada umumnya. Hingga suatu saat, suatu kejadian memberiku perspektif lain soal berputus asa tersebut. Kau tidak akan pernah benar-benar memahami sesuatu, hingga kau mengalaminya sendiri hal tersebut, dan itu melibatkan seluruh aspek dalam hidupmu, dari situlah kau akan banyak belajar (quote by me).

Putus asa dan pasrah, adalah 2 hal yang sangat berbeda namun tipis, dekat juga korelasi istilahnya dengan “masa bodoh” alias tak perduli.

Baca entri selengkapnya »

Iklan

Si Tangan Kiri, Pengganti Tangan Kanan yang Buntung


Tangan Palsu

Sudah lama tidak penah menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan, kelu tangan ini rasanya, meskipun hampir setiap hari juga mengetik soal kerjaan di kantor.

Judulnya pun belum terfikirkan, tapi kontennya sudah sangat menyebar di otak, mengantri untuk dituangkan dalam ketukan tuts-tuts keyboard.

Masalah politik yang menyebar masif akhir-akhir ini menggelitik naluri dan logika saya untuk mengadunya dengan prinsip yang saya pegang dalam konteks hablumminannas & hablumminallah.

Entah dari mana saya harus memulainya, semua kata-kata berkerumun di benak saya minta untuk dikeluarkan satu per satu.

Saya Muslim, namun awam terhadap agama, awam dibandingkan dengan ulama-ulama di sana, ulama di dalam ponpes, ulama di medsos, ulama di pemerintahan, ulama di televisi dan semua sebutan ulama-ulama yang mahfum disematkan kepada siapapun yang pantas disebut oleh siapapun. Namun apa yang saya tahu tentang sejelas-jelasnya perintah Tuhan adalah mengenai rukun Iman & rukun Islam. Al-Qur’an bagi saya adalah kitab maha mewah yang sampai kapanpun mungkin takkan penah sanggup untuk saya pahami seluruhnya dengan golongan otak berkasta sudra ini, meskipun dengan membaca bermacam-macam tafsir dengan dibantu ratusan ribu hadits beserta sejarahnya, biarlah Dia saja yang mengetahui sesungguhnya tafsir dan maksud dari apa yang ditulis-Nya dalam kitab maha dahsyat tersebut.

Baca entri selengkapnya »

Cara Mengatasi Permasalahan Dalam Hidup


cara mengatasi masalah

Solusi

Dalam setiap kehidupan manusia, tak pernah lepas dari yang namanya masalah (seperti postingan saya sebelumnya, tentang “setiap makhluk pasti mempunyai masalahnya sendiri“). Bukan hanya manusia saja sebenarnya, tapi seluruh makhluk hidup di alam semesta ini, mereka semua diciptakan 1 paket bersama permasalahan dalam hidupnya beserta solusinya. Yang jadi masalah adalah, tidak semua dari kita mampu menemukan solusi yang tepat untuk setiap permasalahan yang mendera hidup kita. Padahal solusi itu tak jauh-jauh dari kita, ia sebenarnya ada di dalam diri kita sendiri. Memang sulit, tapi patut dicoba, sebab hasilnya sungguh memuaskan, ia akan memberikan semua solusi tentang permasalahan yang mendera kita dan jawaban atas pertanyaan yang mengganggu hati dan pikiran.

Adapun langkah-langkah yang bisa kita jalankan dalam mengatasi masalah yang tengah dihadapi di antaranya adalah :

  1. Evaluasi diri sendiri.

Masalah yang terjadi sebenarnya bersumber dari diri sendiri. Jangan terbiasa menyalahkan orang lain atas masalah yang menimpa diri sendiri. Tanyakan pada diri, apa yang telah diperbuat atau kesalahan (dosa) apa yang dilakukan sehingga kejadian buruk menimpa kita. Dengan begitu, setiap orang akan termotivasi memperbaiki kekurangan yang ada dalam dirinya. Apabila belum diketemukan, bertaubatlah dan minta ampunlah kepada Allah, Allah-lah yang aka membimbing kita menemukan apa yang kita cari tersebut. Tapi lakukan taubat yang sungguh-sungguh (taubatan nasuha) dan meminta ampun yang sungguh-sungguh pula, sembari menyematkan rasa penyesalan dalam hati dan berjanji tidak akan melakukan dosa/kesalahan yang sama lagi.

Baca entri selengkapnya »

Apa Sebenarnya yang Kita Butuhkan Dalam Hidup


life is

What Do We Really Need In Life ???

Yap, judulnya memang klise banget, tapi bukankah memang pertanyaan ini sering berseliweran di pikiran kita? Atau bahkan malah tidak kepikiran sama sekali?? Atau mungkin pertanyaan lainnya..

Karena apa yang kita butuhkan tidak kita miliki, jadilah masalah dalam hidup kita. Atau masalah justru ada, karena kita memiliki banyak kebutuhan, banyak keinginan alias banyak maunya. Masalah jadi teman karib dalam kehidupan kita.

Apa yang kita butuhkan memang sesuai dengan tingkat kesulitan hidup kita, identik dengan hajat bahkan. Bagi yang tidak punya rumah (alias masih ngontrak / numpang dimanapun itu), yang dibutuhkan memanglah rumah (rumah sendiri tentunya, dan permanen). Bagi yang sedang sakit, yang dibutuhkan adalah kesehatan. Dan bagi yang bermasalah, tentu saja jalan keluar / solusilah yang dibutuhkannya. Serta berbagai kebutuhan lainnya. Belum terwujud satu hal, sudah ada hal lain yang menunggu untuk diwujudkan (namanya juga manusia, gudangnya kebutuhan & keinginan). Dan semua kebutuhan serta keinginan itu, mayoritas pastilah bermuara kepada uang (uang memang bukan segalanya, tapi segalanya hampir pasti membutuhkan uang), klasik memang, tapi begitulah adanya.

Baca entri selengkapnya »

Mengapa Kita Susah Khusyu’ Dalam Sholat


solatSalah satu pertanyaan yang paling mengganggu dalam hidup saya adalah seperti judul di atas. Ada beberapa versi yang menyatakan berbagai sebabnya, tapi lagi-lagi saya belum bisa memahami secara keseluruhan, maklum, agak bodho kalo soal ilmu agama. Alhamdulillah, saya temukan sebuah versi yang menurut saya, cukup lengkap, singkat dan yang paling penting adalah mudah dipahami. Ini saya ambil dari serangkaian (bersambung) status FB salah seorang ustadz terkemukan di negeri ini. Ada 11 sebab yang dikemukakan oleh beliau, beserta penjelasan singkat mengapa sholat khusyu’ itu penting untuk dilakukan. Berikut adalah yang beliau kemukakan …

Bagian Pertama

Mengapa sulit khusyu’ dalam sholat?

Karena memang belum mengenal ALLAH kecuali sebatas Tuhan, belum mengenal Sifat, Af’al & Asma-Nya. Dia yang menciptakan manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, aku, tubuhku, mataku, telingaku, jantungku, istriku, anak-anakku, semua yang kulihat, semua yang kudengar, semua yang bergerak, semua yang berada di langit & di bumi. Semua dihidupkan-Nya “Al Muhyi” & semua akan dimatikan-Nya “Al Mumiitu“, semua tunduk dalam kehendak “Al Muriidu” & kekuasaan-Nya “Al Qodiiru“, Dialah yang mengatur semuanya “Ar Robbu“, Dialah yang mengusai sekaligus memiliki semuanya “Al Maaliku” (QS3:26-27).
Baca entri selengkapnya »

Hidup Adalah …


life is short

Life Is …

Hidup memang satu kali (kecuali beberapa orang yang konon katanya bisa hidup dan mati sampai berkali-kali,, bukan orang, kucing kalee, nyawanya kan ada 9, hehe.. :D), karena itu ia terlalu berharga untuk dibiarkan berlalu begitu saja tanpa tujuan dan cita-cita. Setiap orang yang berakal, pasti punya tujuan dalam hidupnya, dengan berbekal berbagai ilmu serta motivasi dan mimpi untuk mendorongnya mencapai tujuan hidupnya tersebut.

Tujuan hidup sangat erat kaitannya dengan makna hidup itu sendiri. Saya bukan seorang ahli agama, ilmuwan, filsafat, negarawan atau sejarahwan yang bisa mendifinisikan apa itu hidup sebenarnya. Tapi masing-masing diri kita sendirilah yang bisa mendefinisikan apa arti dan tujuan hidup kita ini, atau malah kita tertipu dan terbuai karenanya.

Bagi orang-orang yang memiliki iman (entah dari agama apapun), hidup selalu ada 2, yaitu di dunia ini dan di akhirat nanti. Siapapun tahu, kita hidup di dunia ini untuk mencari bekal untuk kehidupan di akhirat nanti. Tapi sayangnya, tidak semua orang mengerti dan paham akan makna kehidupan sesungguhnya di dunia ini (emang gua tau?? Hihi,, kagak juga sih :D).

Baca entri selengkapnya »

Nerimo Ing Pandum, Bukan Berarti Pasrah & Menyerah Begitu Saja


nrimo ing pandum

Nrimo Ing Pandum

Tumben-tumbennya postingan saya kali ini berhubungan dengan falsafah Jawa. Padahal bahasa Jawa saya nggak begitu lancar-lancar amat, (apalagi bahasa jawa alus, beuh,,, serasa berada di planet lain kalo denger orang ngomong pake’ bahasa itu, hehe…) meskipun saya orang Jawa loh. Postingan ini masih berhubungan dengan postingan yang lalu, yang berjudul “Hidup Adalah …”. Tiba-tiba saja terfikirkan koneksi antara hidup, perjuangan dan kepasrahan. Kayaknya sih agak ngaco’, tapi saya coba uraikan deh, selamat membaca…

Dulu waktu kuliah, saya masih inget betul dosen mata kuliah kewarganegaraan saya berkata, yang kurang lebih bunyinya, “Kita tidak boleh menjadi orang yang “nerimo ing pandum”, sudah nggak jamannya lagi, kita tuh seharusnya berjuang, bla.. bla.. bla…” (selebihnya udah nggak inget lagi, hehe.. :D). Dimana artinya “nerimo ing pandum” adalah sama dengan pasrah, menerima apa adanya begitu saja. Ini merupakan salah satu falsafah orang Jawa yang cukup terkenal. Salah satu yang disindirnya mengenai falsafah ini adalah kehidupan orang-orang kecil / rakyat yang hidupnya susah, yang hidupnya selalu ditindas penguasa, yang hidupnya selalu terpinggirkan, tak pernah masuk “hitungan”, dan parahnya, tak pernah berusaha melawan, tak pernah berusaha memperjuangkan hak-haknya terhadap para penguasa yang lalim alias dzolim, dan mereka hanya diam menerima, pasrah saja pada keadaan. Karena itulah hidup mereka jadi susah seperti ini. Dulu saya pikir ada benarnya pendapat beliau (dulu sih masih o’on, mana pas jam kuliah  itu saya lagi ngantuk-ngantuknya, ongap angop mulu’, pantesan isinya ho’ah ho’oh aja kalo dikuliahin), tapi belakangan pikiran saya terhenyak dari tidur.

Baca entri selengkapnya »

%d blogger menyukai ini: