Si Tangan Kiri, Pengganti Tangan Kanan yang Buntung


Tangan Palsu

Sudah lama tidak penah menuangkan isi pikiran ke dalam tulisan, kelu tangan ini rasanya, meskipun hampir setiap hari juga mengetik soal kerjaan di kantor.

Judulnya pun belum terfikirkan, tapi kontennya sudah sangat menyebar di otak, mengantri untuk dituangkan dalam ketukan tuts-tuts keyboard.

Masalah politik yang menyebar masif akhir-akhir ini menggelitik naluri dan logika saya untuk mengadunya dengan prinsip yang saya pegang dalam konteks hablumminannas & hablumminallah.

Entah dari mana saya harus memulainya, semua kata-kata berkerumun di benak saya minta untuk dikeluarkan satu per satu.

Saya Muslim, namun awam terhadap agama, awam dibandingkan dengan ulama-ulama di sana, ulama di dalam ponpes, ulama di medsos, ulama di pemerintahan, ulama di televisi dan semua sebutan ulama-ulama yang mahfum disematkan kepada siapapun yang pantas disebut oleh siapapun. Namun apa yang saya tahu tentang sejelas-jelasnya perintah Tuhan adalah mengenai rukun Iman & rukun Islam. Al-Qur’an bagi saya adalah kitab maha mewah yang sampai kapanpun mungkin takkan penah sanggup untuk saya pahami seluruhnya dengan golongan otak berkasta sudra ini, meskipun dengan membaca bermacam-macam tafsir dengan dibantu ratusan ribu hadits beserta sejarahnya, biarlah Dia saja yang mengetahui sesungguhnya tafsir dan maksud dari apa yang ditulis-Nya dalam kitab maha dahsyat tersebut.

Baca entri selengkapnya »

Pemerintahan & Korupsi Berjama’ah


Bisimillah..

Sudah lama saya tidak posting artikel ori, kali ini, alhamdulillah, hasil semedi berhari-hari (lebay demam 1 suro, haha). Berfikir dicampur emosi yang meletup-letup, alhasil sebuah postingan paling kontroversial (menurut saya sih.. :D). Beberapa bulan lalu, saya baca postingan di blog ini PNS Sumber Masalah Negeri Ini. Awalnya, saya merasa gak masalah, selalu ada sisi baik dari setiap hal buruk yang kita lihat/alami, seperti postingan saya yang lalu mengenai beberapa hal baik dari negeri ini ditengah carut marut sistemnya (Oh Negeriku, Negeri Cintaku (Indonesia…)). Tapi kini, seperti menelan ludah sendiri, setelah apa yang saya alami, tidak dapat saya sangkal. Saya tumpahkan 85%-nya dalam postingan ini, yang mungkin akan menjadi postingan terpanjang yang pernah saya buat. Untuk lebih jelasnya, silahkan dibaca. Jangan lupa istighfar kalo membaca sesuatu yang membuat anda terkejut, dan baca bismillah dulu :D…

Hm, apa yang ada di benak anda ketika melihat/mendengar kata-kata “institusi pemerintahan/ PNS”?? Mungkin ada serangkaian pendapat miring, ada yang mencaci dan benci, ada yang merasa muak, ada yang memuji, ada yang mendukung, ada yang merespon positif dan sebagainya, tapi lebih banyak yang berpandangan negatif. Tidak salah memang, namun juga tidak selamanya benar.

Pertanyaan yang paling dasar yang sering berkecamuk di kepala masyarakat, termasuk saya sendiri, yaitu “Kenapa pemerintahan selalu identik dengan korupsi?”. Dari pengamatan saya (yang kebetulan sedang mengais rejeki di lingkungan institusi pemerintahan), ada beberapa hal yang menjadi penyebab insititusi pemerintahan menjadi sarang korupsi.

Baca entri selengkapnya »

Selamat Idul Fitri 1431 H


Hehe… mungkin agak telat, lebaran sudah lepas 3 hari yang lalu, yaitu tepatnya tanggal 10 September 2010. kata pepatah, lebih baik telat daripada tidak sama sekali. Ya maklum lah, di kampung sinyal paling mentok GPRS, jadi mau gak mau ya nunggu balik ke kota. Ini kok malah curhat… (-,-β€œ)

Ada sedikit hal yang ingin saya sharing di hari kemenangan ini. Seperti sudah menjadi budaya, tabiat / kebiasaan umat muslim di Indonesia (mungkin juga di luar negeri sih, tapi nggak tau negara mana… :D), khususnya di daerah perkotaan, kala momen Romadhon tiba, secara 3 hari berturut-turut bikin operator seluler sering eror. Ya, apalagi kalo bukan kebiasaan mengirimkan SMS bertubi-tubi kepada ratusan orang, baik sanak saudara, teman lama maupun teman baru. Hal yang tak bisa dipungkiri, mereka mengirimkan kata-kata mutiara indah bertemakan lebaran. Hmm,, entah berapa SMS yang isinya sama, entah pula ke berapa banyak orang mereka mengirimkan.

Baca entri selengkapnya »

Cinta-Nya Takkan Pernah Bertepuk Sebelah Tangan


Ternyata, mencari cinta sejati itu tidaklah mudah. Jodoh memang sudah digariskan, tapi apalah daya manusia yang selalu mencari kehendak bebas, memang tak pernah puas. Tak jarang, kitapun sakit hati dibuatnya, bisa cinta bertepuk sebelah tangan, kasih tak sampai (kayak judul lagu, hehe…), cinta segitiga Β (segi empat, segi lima, dan segi-segi lainnya…) dan hal menyakitkan lainnya. Belum lagi problem & delima yang harus dihadapi kedepannya, alias banyak rentetannya. Intinya, segala daya dan upaya alias usaha kita, tak membuahkan hasil seperti yang kita inginkan, pengorbanan kita tak sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Ingat, cinta bukan hanya kepada sesama manusia, bisa juga cinta terhadapa harta dan tahta. Jadi bisa dibayangkan, segala bentuk rasa ketidak puasan dan sakit hati akibat si β€œcinta” ini, betapa luasnya.

Baca entri selengkapnya »

%d blogger menyukai ini: