Penting !!! Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pindah Hosting (Lagi)


hosting_server-786644

Hosting, Server & Wide World

Berawal dari pemikiran sederhana, namun terkesan meremehkan (:D), dalam dunia blogging bahwa yang penting itu punya domain sendiri dulu, urusan hosting itu gampang, banyak yang menyediakan hosting gratisan dengan fitur canggih dan tahan banting. Namanya juga coba-coba, masih belajar, masih newbie, masih bodho alias o’on, masalah hosting yang disepelekan, tak ayal ternyata membuat dampak yang begitu besar.

Kelihatannya sih web ini baik-baik saja, tambah oke penampilannya (hihi,, memuji diri sendiri) dan tampaknya tidak ada masalah besar lainnya. Tapi jangan salah, dibalik tampilannya yang memukau ini, sebelumnya harus mengalami jatuh bangun dan pengalaman pahit lainnya (hiks,, makan asam garam kehidupan perhostingan). Dan sembari menimpali keinginan teman-teman yang juga ingin memiliki hosting sendiri, agar tak terjerumus ke lubang kesesatan seperti saya dulu, maka saya akan coba jelaskan sedikit demi sedikit apa saja hal penting yang perlu diperhatikan sebelum pindah hosting, agar web/blog anda dapat memiliki performa yang maksimal demi kemaslahatan hidup web anda dan kita semua (horeeeeeeeee… merdekaaa… haha,,).

Alkisah, setelah saya memutuskan untuk serius ngeblog, yang dibuktikan dengan membeli domain sendiri, mulailah perjalanan saya hijrah ke self hosting (hosting sendiri), yang tentu saja dimulai dari yang gratisan. Ada begitu banyak penyedia hosting gratisan, mulai dari yang lokal hingga luar negeri, mulai dari yang khusus gratisan hingga yang berbayar, mulai dari yang terkenal (gampang dicari di mbah gugel), hingga yang kurang pamor (harus nyari satu-satu di forum-forum terkait). Tapi, yang namanya pemula, mahasiswa pula (saat itu) dan dari negeri Indonesia tercinta (haha,, pake’ bawa-bawa nama negara segala… ), sukanya sih cari yang gratisan dan serba unlimited (haha.. gue banget :D). Maka saya mulai mencari yang memiliki kriteria; yaitu tentu saja gratis, kapasitas besar, bandwith unlimited, addon & parked domain unlimited, bebas iklan, dan lifetime (alias gratis seumur hidup/sepanjang masa, kalo nggak bangkrut itu hostingnya, hehe…).

Nah, berangkat dari pengalaman saya mencari selama berhari-hari, mencoba kesana kemari, menghabiskan banyak waktu dan kuota internet, akhirnya, sampailah pada kesimpulan bahwa ada beberapa hal yang sangat penting yang perlu diperhatikan sebelum pindah/memilih hosting, yaitu sebagai berikut :

A. Hosting gratisan itu :

  1. Ada yang bebas iklan, ada yang tidak. Maksudnya disini adalah bahwa situs kita dipasangi iklan secara otomatis dari hostingnya, jadi kita tidak berkutik untuk menghilangkannya/membuat setting-an lainnya.
  2. Ada yang memiliki fitur unlimited, bisa space, bandwith, addon &/ parked domain, ftp, email, dsb. Bisa salah satu/beberapa fitur, tapi kebanyakan dibatasi daripada yang unlimited-nya.
  3. Pelayanannya nggak oke, tidak support 24 jam dan sering down.
  4. Membatasi beberapa script (di-disable) dengan alasan keamanan. Sehingga jangan heran kalau tampilan web kita nantinya tidak sesuai seperti yang diharapkan, bahkan terkesan error.
  5. Ada beberapa hosting gratis yang mensyaratkan untuk memposting beberapa thread di forumnya dengan frekuensi tertentu. Dan bila tidak memenuhi kuota persyaratan, maka akan ada pinalti yang dikenakan, bisa jadi account kita di-banned, disuruh bayar, fasilitas dikurangi, dsb. Ini biasanya penyelenggara hosting dari luar negeri.
  6. Ukuran upload file kita sangat dibatasi, biasanya cuman 1mb aja. Kebayang gimana kalo kita mau upload yang agak besar, musti muter otak 7 keliling dulu (hehe…).
  7. Beberapa fitur pada Cpanel juga dibatasi/dikurangi. Biasanya itu fitur softacolous/script installer otomatis, dan beberapa fitur lainnya (kurang memperhatikan sih, soalnya belum pernah mencoba semua fiturnya).
  8. Penggunaannya cocok untuk yang masih dalam tahap coba-coba, belajar, ngerjakan tugas, dsb. Pokoknya yang nggak terlalu serius.

B. Hostingan berbayar itu :

  1. Yang pertama dan paling utama adalah mengenai support pelayanannya yang 24 jam (tergantung penyedia sih). Jadi begitu ada masalah dengan hosting, kita bisa langsung complain ke CS-nya. Dan mau gak mau, mereka harus bisa merespon, karena kita sudah bayar dan berhak meminta penjelasan.
  2. Tidak gampang down. Bisa bayangkan kalau web anda mudah down, otomatis traffic pengunjung akan menurun drastis. Solusinya berhubungan dengan yang di atas (bukan Tuhan, tapi tulisan di atas sebelum ini), anda bisa langsung meminta pertanggung jawaban dari penyedia hosting, karena mereka memberikan fasilitas pelayanan support 24 jam.
  3. Ada yang memberikan fitur serba unlimited, ada juga yang tidak.
  4. Akses upload file ke hosting bisa berlangsung cepat, karena batasan file-nya besar, biasanya rata-rata di atas belasan/bahkan puluhan mb sekali upload.
  5. Fitur Cpanelnya sudah dapat dipastikan lengkap semua. Apalagi bila menggunakan versi yang terbaru, semakin memudahkan kita dalam meng-customize hosting kita.
  6. Hosting berbayar ini masih memiliki tingkatan lagi. Yaitu beda harga, maka akan beda fasilitas/fitur yang ditawarkan, mulai dari yang murah sampai yang mahal. Tergantung anda, mau yang mana, bisa sesuai dengan kebutuhan.
  7. Khusus untuk blocking script (skrip-skrip yang dilarang untuk digunakan, karena dikhawatirkan dapat menganggu kinerja server secara umum), belum tentu yang gratisan itu di-block, dan belum tentu juga yang berbayar bisa dibebaskan, semua ada ketentuannya, tergantung sang penyelenggara hosting.
  8. Cocok digunakan untuk para profesional yang sudah berani berinvestasi (beli hosting & domain sendiri maksudnya, bukan investasi emas, properti, tabungan, deposito, dsb), sehingga bisa lebih impresif dalam memaksimalkan investasi mereka.

Jadi intinya, ada barang ada uang, ada kualitas ada harga yang harus dibayar untuk itu, dan semuanya sebanding. Kalau mau gratis, ya anda harus bersusah payah sedemikian rupa. Dan dengan membayar, maka otomatis sebagian dari susah payah anda akan diringankan. Namanya yang gratis dan berbayar, jelaslah beda. Tapi tidak ada yang percuma, semua pasti ada hikmahnya. Anda jadi tahu sedikit banyak tentang seluk beluk hosting, sistem server-nya, CMS, hingga scripting (bagi yang suka utak-atik coding website untuk mendapatkan settingan yang pas dan sesuai dengan keinginan/kebutuhan).

Belum lagi dari sisi emosional, anda akan belajar menahan amarah dan emosi saat anda tak kunjung menemukan solusi atas masalah yang sedang mendera anda dikala mengutak atik hosting, apalagi jika tidak ada yang membantu/tempat untuk bertanya. Ini benar-benar bisa menguji kesabaran anda, meningkatkan skill/kemampuan, memperluas wawasan, dan memperbanyak teman (dari forum tanya jawab).

Baik yang gratis maupun yang berbayar, masing-masing menawarkan fitur yang serupa tapi tak sama, maka pandai-pandailah memilih. Untuk lebih amannya, sebelum anda memustukan untuk hinggap disuatu hosting, cari tahu dulu info sebanyak-banyaknya mengenai hosting tersebut. Seperti daya tahan server-nya, fitur-fiturnya, sering down apa tidak, pelayanan dan supportnya, apa saja masalah/kendala yang bisanya dihadapi. Jadi tidak usah terburu-buru, dan memang harus pelan-pelan, disurvey satu per satu, supaya lebih mantap dan yakin, sehingga anda akan dimudahkan dikemudian hari, karena sudah punya bekal pengetahuan yang cukup banyak. Jadi anda tidak akan menyesal.

Cukup sekian kali ini, selamat berburu hosting, mengkustomisasi web anda, bermain scripting dan mendapat latihan kesabaran serta uji ketrampilan dan wawasan, hehe…

Tetap semangat dan berjuang…πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: