Menangkap Objek Dengan Kamera HP & Mengolahnya


Kata fotografer sejati, memotret sebuah objek / menangkap kesan suasana tertentu, tidak harus menggunakan kamera mahal seperti kamera DSLR. Bahkan kamera saku jaman sekarang pun dapat digunakan, karena teknologinya yang relatif semakin canggih, hasil yang baik & penggunaan yang mudah bahkan untuk para pemula sekalipun. Tapi, bagaimana jika tidak memiliki keduanya?

Ternyata, kamera HP pun dapat dimanfaatkan. Memang tidak semua merek & tipe bisa digunakan, hanya kamera HP yang memiliki resolusi tinggi & fitur-fitur di atas standard yang dapat menghasilkan gambar setara dengan kamera saku digital. Jelas memiliki banyak kekurangan, tapi jika sekedar menangkap momen candid tertentu, asalkan hasil gambarnya tidak berbayang sih oke-oke saja. Selebihnya, serahkan pada software pengolah foto digital, senjata pamungkas nan ampuh fotografer dunia, yaitu,,, (jreng… jreng… jreng…) Adobe Photoshop…..

Gambar kurang terang, warna kurang tajam, perlu efek pencahayaan, hingga manipulasi objek secara total & menghasilkan foto hybrid yang benar-benar berbeda dari sebelumnya, semuanya dapat dilakukan oleh software ini. Disini, kita dapat berimajenasi ria, bereksperimen, hingga menghasilkan karya-karya yang unik dari foto hasil jepretan Anda sendiri.

Eits,,, tapi ini bukan promosi loh. Cuman sekedar berbagi dan memberitahu supaya Anda-anda yang tidak memiliki kedua jenis kamera tersebut (yang telah saya sebutkan di atas tadi), tidak merasa berkecil hati. Dan dapat tetap melakukan hobi fotografinya sembari meningkatkan kemampuan mengolah foto secara digital. Kan lumayan, jika kita dapat menghasilkan foto sekelas hasil kamera-kamera mahal. Bayangkan, berapa banyak duit yang bisa dihemat, hehe….

Berikut saya share hasil jepratan foto saya menggunakan kamera pada HP Sony Ericsson seri K dengan resolusi max. 3,2 mp, dan perbandingan hasilnya setelah diolah dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Temanya adalah langit mendung di atas gedung kampus. Sebelah kiri adalah foto asli, & sebelah kanan adalah gambar hasil editan.

Hmm,, gimana hasilnya? Lumayan jelek kan… haha,, ya maklum, karena saya juga masih sangat pemula. Tapi hasilnya jauh lebih baik daripada aslinya kan…?? Jadi Anda nggak usah khawatir dengan hasil jepretan kamera HP Anda, masih bisa diperbaiki kok, seperti contoh gambar di atas. Selamat mencoba, berkesperimen, dan berkreasi, siapa tau Anda bisa jadi seorang ahli manipulasi photo, hehehe,,,

2 Tanggapan to “Menangkap Objek Dengan Kamera HP & Mengolahnya”

  1. kodokkrawu Says:

    sip,, lanjutkan,, tak ada akar, rotan pun jadi,,

    Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: