Internetan Pakai VPN, Apa & Bagaimana Sih ???


Sudah lama sebenernya kabar ini booming di kalangan netter, berbagai pertanyaan pun muncul, dibarengi dengan menjamurnya orang-orang yang menjual layanan ini dengan harga yang dapat dibilang fantastis (mulai dari 100 ribu ke atas hingga 20 ribu perak juga ada). Banyak juga yang bertanya-tanya sampek nyesekin beberapa forum, cuman emang dasarnya newbie, inti pertanyaannya ya itu-itu aja, alias sama.

Jadi, bagaimanakah serba serbinya, mari kita mulai dari awal dulu, tentang apa sih sebenernya VPN ini, kelebihannya, realitanya, sampai ngoprek status legalisasi dan cara konfigurasinya, akan dibahas selengkap-lengkapnya disini (menurut pengetahuan minim saya :D, ya maap,,, namanya juga baru belajar)….

VPN Adalah

VPN, menurut mas Wiki (http://id.wikipedia.org), adalah singkatan dari Virtual Private Network, yaitu jaringan pribadi (bukan untuk akses umum) yang menggunakan medium umum (misalnya internet) untuk menghubungkan antar remote-site secara aman. Perlu penerapan teknologi tertentu agar walaupun menggunakan medium yang umum, tetapi lalu lintas antar remote-site tidak dapat disadap dengan mudah, juga tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusupkan traffic yang tidak semestinya ke dalam remote-site tersebut.

VPN merupakan suatu bentuk private internet yang melalui publik network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel (terowongan) virtual antara 2 node.

Jadi intinya, VPN adalah suatu jaringan private (menggunakan sistem tunnel) di dalam jaringan internet (publik), dimana jaringan private ini seolah-olah sedang mengakses jaringan lokalnya tapi menggunakan jaringan publik / umum. Atau istilah kasarnya, VPN adalah jaringan di dalam jaringan.

Kelebihan Penggunaan VPN

* Membuka blokir semua website yang di blacklist oleh ISP Indonesia / mem-baypass semua blokirnya.
* Menyembunyikan IP Public anda dari hacker atau website tertentu
* Dengan VPN memberikan kebebasan anda 100% di internet
* Membuka encrypts traffic yang diproteksi oleh Wi-Fi / Hot Spots.
* Melindungi keamanan data password, kartu kredit, dan transaksi elektronik lainnya dari pencurian password.
* IP Public komputer anda akan tergantikan dengan IP Public luar negri dan Provider ISP anda tidak dapat mengetahui apa yang anda lakukan dalam kegiatan internet sehari-hari anda.
*Tidak dibutuhkan proxy lagi karena akses ke dunia maya dengan keamanan encrypted hingga 2.048bit.

Status Legalitas

Ketika awal saya tahu mengenai internet murah dengan VPN ini, dengan segala janjinya, yang katanya murah meriah, non kuota / unlimited, kenceng, aman, dan tentunya tidak memakan pulsa, maka hal pertama yang menjadi pertanyaan saya (dan mungkin di benak semua netter awam / newbie) adalah, bagaimana mungkin internetan dengan VPN ini bisa gratis dan tidak memakan pulsa dari operator kartu GSM yang dijadikan induk semangnya?

Hmm… setelah berlarian kesana kemari (sampek keringeten, karena brosing berjam-jam hingga berhari-hari dari komputer kantor sampek rumah… :D), akhirnya saya temukan jawabannya. Yaitu karena internetan dengan VPN ini menggunakan celah keamanan / bug dari operator GSM yang menjadi induk semangnya (bisa XL, Indosat / Telkomsel). Entah bagaimana para bakul penjual VPN ini menemukan celah / bug pada port operator GSM, yang jelas, namanya melanggar keamanan adalah ilegal.

Layaknya rumah kita yang dijadikan sasaran maling, lantaran kepintaran si maling yang mencari celah / kelengahan dari keamanan rumah kita. Lalu dengan seenaknya si maling melewati rumah sebagai jalan tikus untuk melarikan diri. Meskipun tidak ada barang yang diambil / dirampok, tapi kan tidak bisa seenaknya menerobos rumah orang meskipun cuman sekedar numpang lewat, apalagi tanpa ijin. Jelaslah si pemilik rumah bakalan serasa kebakaran jenggot alias emosi. Ya kira-kira sih gitu analoginya antara si bakul VPN murah dengan operator GSM.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa hal ini tidaklah ilegal alias halal :
1. Karena operator GSM hanya dijadikan sebagai jalan tikus dan mereka (penyedia VPN murah) hanya numpang lewat, sedangkan kartu GSM yang digunakan juga harus tetap aktif dan ada pulsanya alias berlaku secara legal. Sehingga operator GSM tidak dirugikan dari sisi pulsa.
2. Teknologi yang ada haruslah dimanfaatkan. Mereka beralasan bahwa celah keamanan yang ada (pada operator GSM) bukanlah salah / ulah dari mereka. Artinya, celah keamanan itu bukan hasil dari retasan / hacking mereka, melainkan karena memang murni kelemahan pada sistem. Mereka merasa tidak pernah merusak / meretas sistem keamanan mereka. Jadi mereka melihat celah / bug pada port yang dapat dimanfaatkan, jadi kenapa tidak digunakan selagi si operator GSM tidak menyadarinya, maka hal itu adalah sah-sah saja.

Jadi, dari wacana di atas anda pastinya bisa menilai, mau pilih yang mana, ikut yang pro / kontra? Menilai ini halal (legal) ataukah harom alias ilegal.

Kenyataan VS Janji

1. Janji / iming-iming yang diberikan oleh para bakul VPN murah adalah kecepatan yang lebih gesit ketimbang penggunaan secara normal. Nyatanya, yang dipamerkan adalah kecepatan server VPN, itu kalau bukan over quota, sehingga jalur yang tersedia tidak sebanding dengan penggunanya. Ini yang menjadi salah kaprah, karena VPN sebenarnya bukan untuk meningkatkan kecepatan internet. Bila kita mengakses VPN yang punya kecepatan seperti jet tempur, dengan internet yang lemot, hasilnya kecepatan internet kita akan tetap lemot meski sudah pake VPN. Oleh karena itu bakul-bakul VPN menyarankan calon konsumennya agar memakai jaringan 3G atau HSDPA untuk terhubun, dengan tujuan agar kecepatan internet dapat dibanggakan setelah terhubung VPN. Artinya, VPN tanpa infrastruktr yang stabil sama aja dengan lemot.
2. Surfing dengan VPN dijamin akan lebih aman. Awalnya sih iya, karena VPN dapat menyembunyikan IP asli kita, tapi barusan di beberapa forum saya temukan fakta yang mengejutkan, cukup membuat bulu ayam kuduk saya merinding, ternyata ada beberapa VPN murah yang difungsikan untuk merekam kegiatan orang lain di internet, seperti keylogger, tapi yang ini lebih canggih. Sebab terkadang ada log tertentu di dalam nya, sehingga dia bisa dengan leluasa mengetahui user + pasword serta situs yang anda kunjungi. Nah loh, maunya untung, bisa jadi buntung besar ini. Jadi waspada & berhati-hatilah terhadap berbagai penawaran berinternet murah dengan VPN yang kini beredar luas dan bebas di pasaran.
3. Para bakul internet VPN murah juga menjanjikan koneksi internet yang stabil. Tapi faktanya, banyak forum-forum yang mengutuk menghujat hal ini alias pada kecewa. Dikarenakan koneksinya sering putus-putus dan susah nyambung. Ya coba dibayangkan aja, mereka kan mencari celah keamanan / bug dari port operator GSM, nah kalau bug itu udah ketahuan dan port-nya ditutup, otomatis tuh koneksi VPN bakalan ngadat, dan konsumenlah yang bakalan menerima imbasnya. Jadi para bakul harus berfikir lebih keras lagi untuk mencari celah / bug pada port yang lain, lalu operator GSM memperbaiki lagi celah keamanannya, bakul-bakul mencari lagi celah bug-nya, dan begitu seterusnya. Jadi hidup anda, para pengguna VPN murah ini gak bakalan tenang seumur hidup, hehe… ya maklum, murah (mendekati gratis) kok ya minta selamat, ya beginilah tipikal orang Indonesia, sukanya yang murah dan gratis (saya juga sih… :D)

Bila anda sedang memendam niat untuk menggunakan layanan VPN murah ini, sebaiknya dipertimbangkan dulu dan sering-sering cari tau dari mbah gugel maupun nongkrong di forum-forum, supaya anda mengerti segala resikonya, nggak mudah ketipu dan nggak terjun ke lembah hitam salah kaprah dalam memahaminya.

Fiuuhh,,, capek juga mengulas tentang internet VPN murah ini. Untuk ulasan mengenai konfigrasinya, akan saya bahas di postingan selanjutnya, biar nggak kepanjangan kayak gini…

Jadi, bagaimana menurut anda, karena akan selalu ada pro kontra dari setiap aksi yang dilakukan. Semuanya kembali kepada niat, pemahaman dan penalaran anda. Kalau ada yang mau memberi masukan / interupsi, silahkan diisi comment di bawah ini. Semoga ulasan ini bermanfaat….

About these ads

13 Tanggapan to “Internetan Pakai VPN, Apa & Bagaimana Sih ???”

  1. hatta caem Says:

    endhi rek..
    ulasan mengenai konfigurasine..??
    ditunggu – ditunggu… :D

    • akzir Says:

      hehe,,, masih inget ae,, file-nya nyangkut, ilang nggak tau kemana, mau cari link buat donlot lagi kok ya udah gak ada,, terlarang mungkin, alias nggak direstui,, lain kali aja, kalo nemu lagi, hehe,, ya maaapp… :D

  2. Sealkazz MiZzu Says:

    thank u . . . . bagus juga penyelidikannya
    2 jempol ^_^

  3. kyo Says:

    bisa ngasih penjelasan cara penggunaan vpn ga om ?
    kalau yang gratis ada ga?
    klo ga ada, gimana cara beli vpn?
    makasih banyak om atas info nya.

  4. Pom Says:

    So, ksimpulanx mnrt agan apa? Halal ato haram? Pls pncrhnx y!

  5. vpn'ers Says:

    g juga,aku yg make juga sangat membantu,25rb aja dah sebulan,daripada paket2 provider indo yang mahal,mending ini lah,secara di kota dapet 3G,Modem suport,kecuali kl tinggal di desa ato modem cuma hp yang cm suport EDGE,pasti aku nulis ginian juga,hahahahahahahahahhahahhahahahhahaaaa

    emang enak di kadalin tarif provider???

    orang smart think smart and cheap,g perlu curhat di blog,wkwk

  6. setiawan Says:

    nice share gan,,

  7. Milky Says:

    hehehe… emg sih,vpn murah udh gitu banyak keuntungan,tp vpn mah biasa dpke am yg udh jago it, plng rata” doang newbie yg bsa mke vpn, dn klo mw bsa pke vpn itu juga tergantung am daerah masing”, ad yg work ada yg nggak work, jdi klo mw beli tnya dlu opsel mana yg bisa work di daerah agan”…
    sekedar info dr ane aja, thx infonya ts


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: